Jumat, 28 September 2012

Perbedaan Negara Maju dan Negara Berkembang


Dalam konteks ekonomi internasional, dikenal dengan istilah “negara maju” dan “negara berkembang”. Kedua istilah tersebut merupakan penggolongan negara-negara di dunia berdasarkan kesejahteraan atau kualitas hidup rakyatnya. Negara maju adalah negara yang rakyatnya memiliki kesejahteraan atau kualitas hidup yang tinggi. Sedangkan negara berkembang adalah negara yang rakyatnya memiliki tingkat kesejahteraan atau kualitas hidup taraf sedang atau dalam perkembangan. Negara yang digolongkan sebagai negara maju terdapat di benua Eropa terutama kawasan Eropa Barat serta Amerika (Utara) Misalnya Belanda, Perancis, Inggris, Amerika Serikat, dan lain-lain. Sedangkan yang digolongkan negara berkembang terdapat di Benua Asia, Afrika, dan Amerika Selatan (Latin). Di kawasan Asia terdapat beberapa negara maju seperti Jepang, Australia, Korea Selatan dan Selandia Baru. Tolok ukur atau indikator dalam penggolongan negara sebagai negara maju atau negara berkembang sebagai berikut.
Mari kita bahas perbedaan ciri-ciri negara maju dan negara berkembang dengan mengambil salah satu contoh negara maju dan negara berkembang  yaitu,  Australia (negara maju) dan Indonesia (negara berkembang).
Sebagai sebuah negara maju yang makmur, Australia adalah ekonomi terbesar ke-13 di dunia. Australia berperingkat tinggi dalam banyak perbandingan kinerja antarbangsa seperti pembangunan, mutu kehidupan, perawatan kesehatan, harapan hidup, pendidikan umum, kebebasan ekonomi, dan perlindungan kebebasan sipil dan hak-hak politik.[16] Australia adalah anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa, G-20 ekonomi utama, Negara-Negara Persemakmuran, ANZUS, Organisasi untuk Kerjasama dan Pengembangan Ekonomi, Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik, Forum Kepulauan Pasifik, dan Organisasi Perdagangan Dunia.
Contohnya adalah perawatan kesehatan;
Di Australia kita merasakan perbedaan yang jelas antara tugas dan tanggung seorang lulusan Sarjana keperawatan/ Bachelor of Nursing/RN ( Registered Nurse) dengan perawat bercertificate seperti AIN/ Assistant In Nursing, TEN/Trainee Enrolled Nurse, EEN/ Endorse Enrolled Nurse ataupun EN/Enrolled nurse dll. Seorang Registered Nurse dapat memberikan dan melalukan hampir mayoritas tindakan2 dalam keperawatan, sedangkan EN,EEN,TEN ataupun AIN tidak di berikan wewenang dalam memberikan obat terutama injeksi. Hanya terkecuali beberapa yang telah mengikuti pelatihan yang di perkenankan, itupun harus didampingi seorang Registered Nurse. Jadi pada intinya semua mempunyai tugas dan tanggung jawab masing2. Tetapi walupun demikian di ruang yang sama kita bekerja secara team, saling membantu dan meringankan.
Masih banyak perbedaan2 yang lain yang diantaranya dari segi kelembagaan nursing itu sendiri yang di australia di kenal memiliki Nursing Board. Sebuah lembaga yang mengatur, mengkoordinasi dan mengendalikan system keperawatan yang ada. Lembaga ini juga yang mengeluarkan Nursing Registration untuk bisa bekerja di rumah sakit, dan sebuah Registration harus di renew setiap tahun jika tetap mau bekerja di australia. Sedangkan di Indonesia, apakah kita sudah mempunyai sebuah lembaga yang mampu mengkoordinasi system keperawatan kita seperti halnya yang ada di Australia..? Jawab dalam hati saja ya..?

                       
                                         

Selain perawatan kesehatan, Australia juga menguasai teknologi canggih.
Australia merupakan sebuah negara yang besar dan dikategorikan ke dalam negara yang maju baik dalam pertumbuhan ekonomi serta bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan bidang kehidupan yang sangat penting bagi Australia, dimana keseriusan nya dalam IPTEK ini diaplikasikan melalui pengembangan-pengembangan serta riset yang menjangkau berbagai kehidupan lainnya yang akan membantu tingkat pertumbuhan ekonomi negara ini. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dimiliki oleh Australia termasuk sebagai salah satu yang terbaik di dunia. Regenerasi dan proses perkembangan pendidikan IPTEK pun menjadi prioritas penting demi menjaga peringkat tersebut, terbukti dengan banyaknya perguruan tinggi yang dimiliki oleh australia yang berlabelkan IPTEK dan tidak sedikit pula diisi oleh mahasiswa asing terutama dari kawasan Asia Tenggara seperti Indonesia dll. Terdapat beberapa keunggulan yang dimiliki oleh Australia berkenaan dengan teknologi yang dimilikinya, diantaranya adalah teknologi dalam bidang pertambangan dimana australia menempati peringkat pertama di dunia dalam hal area tambang termasuk dalam hal pertambangan yang ramah lingkungan dan juga rehabilitasi area tambang, perncanaan tambang dan perkembangannya, pelayanan geologi, peralatan tambang dan pemeliharaannya. Lebih dari 60% operasional tambang di dunia saat ini menggunakan software dari Australia sementara ekspor tambang Australia meningkat menjadi 16% pada tahun 2006-200. Selain itu, keutamaan teknologi Australia juga terlihat begitu signifikan dalam bidang kedokteran yakni dengan adanya penemuan teknologi pemulihan pendengaran pada tahun 2005 yang dipelopori oleh negara ini melalui sistem cochlear yang  didukung oleh mikrochip dan akan membantu para penderita gangguan pendengaran. Perkembangan teknologi lainnya adalah dalam bidang kehutanan serta perikanan.

                        

Sedangkan di Indonesia, mengapa Indonesia dikategorikan sebagai negara berkembang ???
Negara yang sedang berkembang seperti Indonesia memiliki karakter sebagai berikut:
1. Tingkat Pertumbuhan Penduduk TinggiTingkat pertambahan penduduk di negara berkembang umumnya lebih tinggi duahingga empat kali lipat dari negara maju. Hal ini disebabkan oleh tingkat pendidikandan budaya di negara berkembang yang berbeda dengan di negara maju. Hal tersebutdapat mengakibatkan banyak masalah di masa depan yang berkaitan dengan makanan,rumah, pekerjaan, pendidikan, dan lain sebagainya.
2. Tingkat Pengangguran TinggiAkibat dari tingginya pertumbuhan penduduk mengakibatkan persaingan untuk mendapatkan pekerjaan menjadi tinggi. Jumlah tenaga kerja lebih banyak daripadakesempatan lapangan kerja yang tersedia dan tungkat pertumbuhan keduanya yangtidak seimbang dari waktu ke waktu.
3. Tingkat Produktivitas RendahJumlah faktor produksi yang terbatas yang tidak diimbangi dengan jumlah angkatankerja mengakibatkan lemahnya daya beli sehingga sektor usaha mengalami kesulitanuntuk meningkatkan produksinya.
4 Kualitas Hidup RendahAkibat rendahnya tingkat penghasilan, masyarakat mengalami kesulitan untuk memenuhi kebutuhan pokok, pendidikan, kesehatan, dll. Banyak yang kekurangan gizi,tidak bisa baca tulis, rentan terkena penyakit, dan lain sebagainya.
5. Ketergantungan Pada Sektor Pertanian / Primer Umumnya masyakat adalah bermata pencaharian petani dengan ketergantungan yangtinggi akan hasil sektor pertanian.
6. Pasar & Informasi Tidak SempurnaKondisi perekonomian negara berkembang kurang berkompetisi sehingga masihdikuasai oleh usaha monopoli, oligopoli, monopsoni dan oligopsoni. Informasi di pasar hanya dikuasai oleh sekelompok orang saja
7. Tingkat Ketergantungan Pada Angkatan Kerja TinggiPerbandingan jumlah penduduk yang masuk dalam kategori angkatan kerja dengan penduduk non angkatan kerja di negara sedang berkembang nilainya berbeda dengandengan di negara maju. Dengan demikian di negara maju penduduk yang berada dalamusia nonproduktif lebih banyak bergantung pada yang masuk angkatan kerja.
8. Ketergantungan Tinggi Pada Perekonomian Eksternal Yang Rentan




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar